Untuk standar harga sebenarnya di setiap daerah itu sama, tidak ada yang di beda-bedakan baik itu Hypermart dan Foodmart Karena mereka satu PT.
Untuk menentukan harganya sendiri untuk di jual adalah dengan :
Penetapan
harga pada umumnya :
1.
Penetapan harga berdasarkan biaya
Ada
4 kategori dalam penetapan harga berdasarkan biaya, yakni:
Cost-Plus
Pricing Method – yaitu penetapan harga jual per unit berdasarkan jumlah biaya
per unit ditambah jumlah tertentu sebagai laba atau margin
(harga jual = biaya
total + laba)
Mark–up
Pricing – yaitu penetapan harga yang sering digunakan oleh pedagang perantara
atau reseller/dropshipper dengan menambahkan harga beli dengan sejumlah laba
tertentu (harga jual = harga beli + laba/markup)
Fixed
Fee Pricing – yakni penetapan harga berdasarkan jumlah biaya yang dikeluarkan
oleh produsen produk tersebut ditambah sejumlah fee yang telah disepakati, jadi
laba yang diperoleh tidak mempengaruhi harga jual barang
Target
Pricing – yakni penetapan harga yang dilakukan berdasarkan tingkat pengembalian
investasi (ROI) sesuai dengan target yang diinginkan.
Strategi
Penetapan Harga Berdasarkan Kebutuhan/Keinginan.
2.
Penetapan Harga Berdasarkan Kebutuhan/Keinginan
Ada
2 macam kategori dalam strategi ini, yakni:
Price
Sensitivity Meter (PSM) – yakni strategi penetapan harga yang dilakukan dengan
tujuan untuk melakukan pendekatan terhadap kebutuhan/permintaan konsumen.
Metode ini didasari persepsi konsumen terhadap nilai/value produk yang
diterima, apakah sebanding atau tidak. Untuk mengetahui apakah value suatu
produk dapat diterima oleh konsumen, Anda bisa mengukurnya dengan PSM.
Diskriminasi
Harga – yakni kebijakan untuk menentukan harga jual yang berbeda-beda untuk
satu jenis produk yang sama dalam satu segmen pasar. Beberapa faktor yang bisa
mempengaruhi diskriminasi harga misalnya wilayah, konsumen, waktu, kualitas,
dan bentuk produk.
3.
Penetapan Harga Berdasarkan Persaingan
Ada
dua metode yang bisa digunakan, yakni:
Perceived
Value Fixing – yakni penetapan harga jual berdasarkan harga jual rata-rata
produk sejenis.
Sealed
Bid Pricing – yakni penetapan harga jual berdasarkan penawaran yang diajukan
oleh pesaing.
Dengan
begitu penetuan harga di foodmart sudah di tentukan dalam beberapa cara , dan
disesuaikan di setiap tingkat biaya operasional atau operasi biaya yang di
butuhkan untuk dll . Sehingga foodmart tetap memposisikan sebagai industri
retail dengan harga yang bersaing dan lebih dari 500 produk makanan tersedia
disana.
Komentar
Posting Komentar